Pelatih Barcelona Sebut Cruyff Mengubah Wajah Sepak Bola

Pelatih Barcelona Sebut Cruyff Mengubah Wajah Sepak Bola

Ernesto Valdere atau dikenal sebagai pelatih club sepak bola ternama Barcelona, menyebut bahwa Johan Cruffy membawa banyak pengaruh yang berdampak besar bagi wajah sepak bola.Pelatih Barcelona itu merasa sepak bola harus mengucapkan banyak terima kasih pada Johan Cruffy karena dunia sepak bola berkembang besar sampai saat ini.

Di saat itu, Johan Cruffy datang untuk melatih tim Barcelona. Di musim pertama semua tidak berjalan mulus, permainan Barca di nilai buruk dan tak terbentuk.Bahkan para pemain-pemain Barcelona pun mulai mempertanyakan tentang kelayakan dan kemampuan Johan Cruffy sebagai pelatih sepak bola.

Tapi, setelah melewati semua masa-masa sulit, yang di dapat oleh tim Barcelona adalah kehebatan. Johan Cruffy telah benar-benar berhasil mengubah pemahaman para pemain soal sepak bola. Bisa saat ini ada tim sepak bola yang mementingkan posisi saat di lapangan, koordinasi, kerapatan antar lini, bermain di sisi dalam, pergerakan mini, itu semua terjadi berkat perubahan yang dibawa oleh Johan Cruyff.

Ernesto Valdere yang saat ini menjadi pelatih tim Barcelona mengaku pernah merasakan dan mengalami langsung bagaimana metode latihan yang diterapkan oleh Johan Cruyff beberapa tahun yang lalu. Tentu saja, ini memberikan banyak dampak positif baik secara langsung maupun tidak.Bagaimanapun, usaha itu telah menunjukkan hasil saat ini.

Terjadi Perubahan Total

Menurut Ernesto Valdere, Johan Cruyff tidak hanya berhasil mengubah gaya bermain sepak bola togel hk . Namun, lebih dari itu.Johan Cruyff juga merubah pemahaman soal sepak bola itu sendiri.Meskipun pada awalnya inovasi Johan Cruyff bisa dikatakan aneh, tapi saat ini inovasi tersebut sangatlah berguna.

“Dampak yang dia berikan tidak hanya pada perubahan gaya bermain sepak bola dan dampak pentingnya bisa dilihat pada pelatih-pelatih  saat ini,” Ucap Ernesto Valdere yang dikutip dari Marca.

“Anda bisa menyadari elemen-elemen yang dia kenalkan, bermain di sisi dalam, pendekatan posisi, lini bermain, penguasaan bola, koordinasi dan sebagainya.”

“Menguasai bola berarti Anda harus bisa mengambil inisiatif, menyerang lawan dan mengambil kontrol,” Tambahnya lagi.

Keraguan

Meski kini kehebatannya sudah di akui dan inovasinya dalam sepak bola juga bermanfaat, tapi dahulu, Johan Cruffy sempat di ragukan.Ernesto Valdere bahkan bersaksi ada begitu banyak pemain Barca yang tidak yakin dengan metode latihan yang diterapkan oleh Johan Cruyff yang sangat berbeda.Terlebih lagi, di musim pertama Johan Cruyff menjabat sebagai pelatih, Tim Barcelona sedang terpuruk.

“Saya ingat kedatangan Johan Cruyff ke Barcelona karena dia mengguncangkan banyak hal.Ada begitu banyak perubahan dan dia memiliki gagasan serta gaya baru.”

“Musim pertamanya berjalan buruk, setiap hari kami selalu meragukan diri kami sendiri setelah sesi latihan,” Tandas Johan Cruyff.

Tapi, kini setelah menjalani begitu banyak rintangan, akhirnya Johan Cruyff bisa membuktikan kinerja dan perubahan yang dahulu sempat diragukan oleh orang-orang. Terbukti dari kesuksesan Barcelona di bawah arahan Johan Cruyff, Total 4 trofi Liga Spanyol, 1 Trofi Liga Champion, 1 Trofi Piala Winners, 1 Trofi Piala Spanyol dan 1 Trofi Piala Super Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *